10 Cara Menjaga Kebersamaan Dalam Keluarga Agar Semakin Harmonis

Artinya, toleransi adalah suatu kerelaaan menerima kenyataan walaupun saling berbeda. Dalam bahasa Arab, toleransi berasal dari kata tasamuh berarti membiarkan atau menigizinkan sesuatu untuk saling memudahkan. Dari kedua pendapat tersebut, toleransi dapat disebut sebagai sikap membiarkan, membolehkan baik itu pendirian, kepercayaan serta kelakuan yang dimiliki seseorang atas orang lain.

Dimana kita diharuskan untuk bertanggung jawab atas hidup kita sendiri, berbuat baik dengan orang lain, dan bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan. Apabila kamu pada hari kerja pukul 6 pagi biasanya bangun pagi, maka bangunlah pagi juga pada hari libur. Janganlah untuk bermalasan sampai siang hari berada di kamar dengan alasan bahwa kamu telah bekerja selama seminggu, dan hari libur pantas untuk dibuat bermalasan. Kamu dapat mengisi hari libur dengan beristirahat dari kepenatan di kantor maupun sekolah melalui berolahraga.

Melatih sikap toleran kita

Dengan demikan, ibadah dalam Islam secara tidak langsung mengajarkan kepada kita tentang ketertiban dan dengan demikian pula secara tersirat mengajarkan tentang mengantri untuk menunggu giliran secara teratur. Sebagian anak tidak bisa membentuk karakter yang kuat untuk dirinya di tempat lain. Ini merupakan cara paling baik untuk memastikan para murid memiliki kepribadian dan karakter yang baik dalam hidupnya. Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengasah kesadaran dan kepedulian sekaligus menumbuhkan rasa empati kita untuk diri sendiri dan sesama selama masa darurat COVID-19. Menghargai diri sendiri dapat dimulai dengan mampu mengendalikan diri terhadap sikap-sikap yang tidak sesuai norma masyarakat, seperti pamer, bergunjing dan memaksakan kehendak.

Anak adalah peniru yang baik, jadi cara terbaik untuk mengajarinya toleransi ialah dengan mempraktikkan sikap toleransi tersebut di depan anak. Anak anak belajar dengan mengamati interaksi Anda dengan orang lain. Maka jika Anda menghormati dan menghargai semua orang dalam keseharian maka anak pun akan mengikutinya. Berarti toleransi bisa diartikan sebagai sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan, menjembatani kesenjangan budaya, menolak stereotip yang tidak adil, dan menciptakan hubungan baik di tengah perbedaan yang ada.

Dengan membuat alasan ataupun menyalahkan seseorang akan membuat anda menjadi seorang pengecut dan tak memiliki tanggung jawab. Sehingga jangan menjanjikan segala sesuatu kepada orang lain apabila kamu tidak sanggup untuk melakukannya dengan benar dan maksimal. Tanggung jawab tersebut juga merupakan suatu tanggung jawab yang wajib dipenuhi oleh seseorang untuk keluarganya. Tanggung jawab itu tidak hanya sekedar sebagai tulang punggung, akan tetapi juga dapat seperti tanggung jawab sebagai seorang anak guna menuntaskannya pendidikan dan bisa membanggakannya orang tua. Dimulai dari menghargai diri sendiri, karena hal awal yang harus Anda lakukan adalah dengan mengenali diri sendiri, baru lah kemudian Anda belajar untuk memahami orang lain.

Oleh karena itu, kekerasan yang dilakukan dalam sejarah kolonialnya tidak disebutkan di buku-buku sekolah yang dibaca murid-murid Belanda di highschool. Pendidikan akademik adalah berkecimpung dalam keilmuan, riset dan mempersiapkan dosen dan pengajar dan ratio perkuliahannya diatur 80 % teori dan 20 % praktikum. Sedang pendidikan vokasi adalah mempersiapkan untuk kerja maka perkuliahannya didesain forty five % teori dan fifty five % praktikum.

Banyak ajaran Islam dalam hal ibadah yang mensyaratkan ketertiban sehingga ibadah itu bisa dinilai sah berdasarkan ketentuan syariat. Ajaran-ajaran tertentu bahkan secara tidak langsung mengisyaratkan dan mengandung pesan soal pentingnya ketertiban dan keteraturan. Pendidikan kita masih disibukkan dengan Calistung , serta megejar target kemampuan matematika, fisika, kimia dan ilmu pengetahuan lainnya. Sementara di banyak Negara, nilai-nilai ethical, karakter dan pembentukan keadaban publik justru menjadi landasan utama keribadian sebelum peserta didik belajar ilmu pengetahuan. Pengetahuan dan kecerdasan bukan tidak penting, namun pembentukan landasan kepribadian dan karakter jauh lebih penting untuk dinomorsatukan, baru kemudian yang lainnya.

Taliban enggan bertemu dengan pemerintah Afghanistan, yang mereka anggap boneka, tetapi mau bernegosiasi dengan Amerika. Mereka bertemu dengan pejabat Amerika di Abu Dhabi, UEA, pada Desember 2018. Taliban buka kantor politik di Doha, Qatar, dipimpin Abdul Ghani Baradar.