Butuh Modal? Ini Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Riba

Jika sudah mendapatkan modal untuk bisnis, perlu diingat bahwa Anda juga harus tekun dalam menjalankan usaha. Belum lagi bunga yang harus ditanggung jika Anda meminjam lewat financial institution. Jika mereka tertarik, tentu Anda akan merasa terbantu dengan adanya rekan bisnis yang juga ikut serta membangun bisnis dari nol. Namun, metode ini dapat memakan waktu yang cukup lama, mengingat dibutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mendirikan sebuah bisnis.

Di KoinBisnis dari KoinWorks, kamu bisa memilikimodal tambahan untuk usaha mulai dari Rp5 juta hingga Rp2 miliar. Kamu pun tidak membutuhkan syarat-syarat “berlebihan” yang harus dipenuhi agar pinjaman tersebut disetujui. Contohnya, KoinBisnis dari KoinWorks, memiliki bunga hanya mulai dari 0,75% per bulan. Adapun, kamu akan ditawarkan tenor pinjaman hingga 36 bulan dan untuk investasi hingga 60 bulan. Tetapi, umumnya pinjaman yang diberikan nantinya tidak sepenuhnya senilai dengan barang yang dijaminkan.

Sampai saat ini masih sedikit yang berminat untuk membuat produk kreatif dari bahan daur ulang. Walaupun hasil kreasi dari bahan-bahan daur ulang sudah diperkenalkan. Dengan begitu bisnismu akan dikenal orang dan menjadikan mereka sebagai buyer produk bisnismu. “Saya berharap masyarakat mempergunakan sertifikat ini dengan baik, dipakai untuk hal yang benar benar berfaedah, sehingga harapan pemerintah menyejahterakan masyarakat dapat terwujud,” imbaunya. Terlebih, di period pandemi ini, layanan pesan-antar makanan sedang banyak dicari untuk meminimalisasi keluar rumah.

Setelah digadaikan, perhatikan kemajuan perputaran uang dari bisnis Anda karena jatuh tempo dari barang yang digadai tersebut harus selalu diperhatikan. Anda dapat menetapkan jumlah pinjaman sesuai dengan masa tenor untuk tidak memberatkan keuangan Anda. Ketika Anda ingin memulai suatu usaha, yang pertama harus dilakukan adalah merencanakan dana yang dibutuhkan dalam pengelolaan awal.

Proses kredit butuh 3 hari, dan dana dapat segera langsung cair. Hanya saja, sekalipun tidak memiliki jaminan, kamu harus tahu kalau bank memiliki proses seleksi tersendiri sebelum mencairkan Kredit Usaha Mikro. Akan ada survei khusus supaya bisa membuktikan jika calon debitur benar-benar memiliki sebuah usaha dan punya rekam jejak keuangan yang bertanggung jawab. Sebelum mengajukan pinjaman kepada teman atau keluarga, Anda bisa mempresentasikan rencana bisnis yang akan dijalankan dan goal yang ingin diperoleh. Dengan demikian, mereka akan percaya bahwa bisnis Anda akan berkembang.

Jangan sampai kebablasan dan malah jadi merusak hubunganmu dengan orang yang meminjamkan uang. Apabila nanti ada seorang pemilik modal bertanya mengenai prospek usaha yang tertera di crowdfunding maka sebaiknya dijawab dengan singkat, padat, dan jelas. Hal ini agar para pemilik modal tertarik dan yakin untuk menanamkan modalnya untuk bisnis milikmu. Disarankan penjelasannya jangan terlalu melebih-lebihkan bisnis yang akan dijalankan. Sebab hal tersebut justru akan membuat pemilik modal ragu dengan prospek bisnis ke depannya.

Modal usaha

Bunga yang rendah ini karena KUR memang memperoleh subsidi dari pemerintah. Saat ini sudah banyak penyedia pinjaman modal usaha selain financial institution, sehingga calon debitur memiliki berbagai alternatif untuk memperoleh akses modal. Jika ingin mengajukan pinjaman modal usaha, perlu dipahami dulu jenis-jenisnya. Tanpa syarat yang rumit, masyarakat dapat mengajukan pinjaman modal usaha di koperasi. Cara ini bisa dilakukan bila tabungan dan aset yang Anda miliki tidak cukup untuk membiayai bisnis Anda.

Melalui crowdfunding pula, kita tidak perlu lagi menghabiskan waktu berbulan-bulan hanya untuk mencari investor yang cocok untuk membantu modal usaha kita. Dan pastinya tak ada lobi-lobi calon investor yang memakan waktu dan energi hanya untuk memastikan si investor memberikan dananya sebagai modal usaha. Pembiayaan Modal Kerja merupakan fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada perorangan, badan usaha maupun badan hukum yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan modal kerja / anjak piutang.