Dampak Corona, Ekspor Ikan Tuna Terhambat

“Seperti halnya jika pembudidaya ikan hias di Bekasi, yang terkenal akan melimpahnya pakan alami berupa kutu air (Daphnia.sp) dan cacing sutera (Tubifex.sp) di parit atau kubangan disana. Dengan demikian biaya produksi mereka cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan pembudidaya yang berada di tengah kota. Maka dari itu, persaingan harga yang cukup sengit terjadi di ikan hias,” beber Stefanus.

Ekspor Ikan

“Ada pasar potensi lain yang cukup besar. Misalnya Jepang, Thailand, Timur Tengah, Rusia dan itu akan jadi pasar kita berikutnya yang harus digarap dan produk perikanan terdistribusi dengan besar keluar RI,” sebutnya. Justru negara importir produk perikanan dari Indonesia adalah Amerika Serikat . Jika calon eksportir sudah bisa mengikuti ketentuan yang berlaku, maka sudah bisa mengajukan.

Kualitas dan kesehatan ikan merupakan kunci utama untuk bersaing dengan produk negara lain. Sejauh ini potensi ekspor ikan dari pelabuhan di Batam dan Belakang Padang mencapai 15 ton sampai 30 ton per malam. Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Rifky Effendi Hardijanto mengatakan varietas udang merupakan andalan ekspor ke luar negeri, dengan pasar utamanya yaitu Amerika Serikat . Bahkan nilai ekspornya mencapai US$ 1,7 miliar setara dengan Rp 24,6 triliun (kurs 14.500).

Dia pun optimistis goal tersebut bisa tercapai mengingat permintaan seafood di pasar international yang kian meningkat. Pertumbuhan nilai ekspor tersebut disambut baik oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Beliau mengungkapkan sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan akan terus mengupayakan peningkatan produksi dan ekspor produk perikanan Indonesia. Senada dengan Stefanus, Euis selaku provider ikan hias yang berlokasi di Bogor – Jawa Barat mengatakan, hingga kini ikan jenis tetra permintaanya masih cenderung stabil jika dibandingkan jenis lainnya. Hal ini karena di dalam negeri jenis ikan hias air tawar ini relatif mudah untuk dibudidayakan, sehingga kontinuitasnya terjaga. Termasuk harga ikan ini produksi Indonesia bisa bersaing di luar negeri, tidak heran jika berbagai negara banyak yang meminta jenis ini.

Pertama, tahapan seleksi untuk menentukan karakteristik produk dan memastikan konsistensi produk. Kedua, proses evaluate untuk melihat kesesuain hasil determinasi dengan persyaratan sertifikasi. Terdapat 30 Standar Nasional Indonesia yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional terkait dengan ikan hias dan perikanan budi daya. Dari 30 standar tersebut, 27 diantaranya masih berlaku dan dapat dimanfaatkan. BSN juga telah menetapkan skema penilaian kesesuaian terkait ikan hias maupun perikanan secara umum berkat kerjasama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan . Otoritas setempat melakukan pemeriksaan COVID-19 terhadap pekerja perusahaan pengolahan makanan laut di pelabuhan Dalian, Provinsi Liaoning, Cina sebelah timur.

Di antaranya usaha budidaya ikan potensial baik keramba maupun keramba jaring apung untuk jenis ikan Patin, Nila, Bawal, dan Mas. Dari omzet tersebut, masing masing anggota dapat mengantongi keuntungan bersih sebesar Rp3-4 juta per bulan. Jakarta, InfoPublik- Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya terus mendorong peningkatan produktivitas budidaya ikan bubara (Caranx sp.) untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan pasar ekspor.