Mahasiswa Ubsi Cikampek Jadi Guru Dadakan

Hal ini akan mampu menemukan berbagai macam downside solving yang berhubungan dengan permasalahan siswa ketika berada di kelas, di sekolah, maupun di luar sekolah. Kreatifitas yang dimiliki seorang guru akan membuat dia menjadi terlihat beda diantara guru yang lain, dan inilah yang akan membuat siswa selalu rindu untuk berjumpa dengan mata pelajarannya. Nabi Muhammad saw mengajarkan kepada peserta didik beliau tentang suatu kaedah yang besar yaitu tentang ilmu pengetahuan, dan menanamkan metode umum dalam penelitian ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan. Hal tersebut merupakan hasil perubahan dan pengalaman, pengamatan dan penelitian. Oleh karena itu, diperlukan metode eksperimen untuk mendapatkan hakekat ilmu pengetahuan.

Mendidik junior, dan anak didik menjadi pribadi yuang lebih baik

Oleh karena itu tenaga pendidik dan tenaga pendidikan memiliki tanggung jawab untuk membentuk psychological positif anak, termasuk budi pekertinya. Mengabaikan anak yang menggencet dan rentan digencet menunjukkan buruknya keterampilan guru dalam mendidik karena pendidikan tidak hanya berlangsung di ruang kelas tetapi juga dalam interaksi sehari-hari. Pertama Keluarga, merupakan irisan paling inti dalam sistem interaksi anak. Orang yang dibesarkan dengan kekerasan cenderung mudah memperlihatkan perilaku agresi. Bentuk-bentuk pola asuh orang tua sangat erat hubungannya dengan kepribadian anak setelah ia menjadi dewasa. Dalam 20 tahun terakhir terjadi pergeseran paradigma pengasuhan anak.

Penguatan kompentensi sosial saya rasa cara paling efektif dalam menghadapi situasi tersebut. Karena melihat situasi tersebut dapat diatasi dengan ilmu dan cara yang benar. Dengan memanfaatkan jarak umur yang tidak terlalu jauh dengan siswa, maka saya harus memanfaatkan hal itu untuk bisa membangun interaksi yang lebih interaktif dengan siswa.

Guru saat ini, disibukkan dan terlena dengan urusan mengejar uang/gaji/honor atau apapun namanya, seakan – akan guru menjelma sebagai sosok Pragmatis. Tunjangan sertifikasi telah memabukkan guru sehingga tidak lagi semangat mengajar, tidak kuat fisik dan pikirannya karena “mudah lelah” menghadapi siswa/siswi yang sudah seyogyanya menjadi keseharian guru. Apalagi bagi mereka yang PNS, sudah mengambil kredit di financial institution, gaji tinggal sedikit, berharap pada tunjangan dan sertifikasi. Selain itu, guru yang dituntut mengajar 24 jam seminggu selalu harus disibukkan merancang suasana belajar yang berbeda. Namun hal itu tidak dilakukan, jam pelajaran yang banyak itu menjadi rutinitas yang sangat menjenuhkan saat guru tidak bisa berkreasi menciptakan metode dan media pembelajaran yang menyenangkan.

Namun, untuk mewujudkannya diperlukan komitmen bersama yang kuat baik dari pihak sekolah , orang tua, dan siswa yang bersangkutan. High School merupakan tahap pembelajaran paling akhir di Sekolah Pelangi Kasih. Pada tahap ini, peserta didik dibina agar mampu bersosialisasi dan mengaplikasikan kemampuannya untuk membangun kerangka berpikir yang utuh dalam segi pengetahuan, keterampilan dan karakter sesuai dengan nilai-nilai kristiani. Dalam menjalankan tugas kesehariannya, guru sebagai pendidik dalam proses belajar-mengajar sangat dituntut kemampuannya dalam merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan dan mengawasi semua kegiatannya.

Kompetensi tersebut akan terwujud dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan maupun sikap profesional dalam menjalankan fungsi dan tugas sebagai seorang guru. Karena pada hakikatnya guru merupakan suatu profesi yang menuntut seseorang masuk dalam situasi yang mengharuskan memiliki pengetahuan, keterampilan, karakteristik kepribadian, jiwa sosial yang tinggi untuk dapat mengembangkan dan memberikan contoh kepada peserta didiknya tanpa mengenal waktu. Ketiga tahapan tersebut harus dicapai seluruhnya oleh setiap peserta didik dan tidak bisa diabaikan salah satunya. Namun, dalam banyak praktek di sekolah-sekolah yang terjadi adalah sebaliknya.

Redefinition,terjadi dalam hal jikaseparationKedua pihak merasa bahwa ikatannya sebagai persahabatan. Mereka saling mem- perlakukan dengan sama, dan peran mentor dan anak didik menjadi sepenuhnya hilang,. Citra diri yaitu persepsi individu tentang diirinya.contoh, memposisikan diri sebagai seorang pendidik. Keterampilan yaitu keahlian/ ke- cakapan melakukan sesuatu dengan baik. Sifat-sifat pribadi,merupakan karakteristik dan kualitas seseorang yang dibawa ke tempat kerja, seperti kejujuran, empati, stamina dan lain-lain. Pendapat diatas memberikan penafsiran yang berbeda tentang kompetensi yaitu, karakteristik yang dimiliki seseorang dan digunakan secara tepat dan konsisten untuk mewujudkan kinerja yang diharapkan.

Memberikan hukuman positif, mau cara apapun tetap membuat murid susah diatur, kadang tidak ada salahnya juga untuk memberikan hukuman bagi murid yang melanggar. Ada istilah mengatakan pengalaman adalah guru yang terbaik untuk hidup,saya tentu akan menggunakan pengalaman saya,dimana psychological saya pernah dihadapkan dengan hal yang tidak saya duga sebelumnya dan bertemu orang-orang baru yang memiliki beraneka ragam karakter pula. Mungkin yang dimaksud mbak zulfah Friendly nya mungkin dalam konteks yang ramah, senantiasa tersenyum, menyapa murid, memuji murid. Izin menanggapi pak, terkait rasa panik yang luar biasa, rasa bingung saat pertama kali mengajar itu sangat wajar karena memang belom terbiasa dan belom beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Apabila saya dalam posisi sebagai guru tersebut mungkin memang saya akan merasa panik dan takut bila murid saya nanti memiliki karakter yang berbeda-beda. Namun karena menjadi seorang guru haruslah memiliki sifat yang profesional dalam bekerja maka saya harus dapat tenang dalam menghadapi permasalahan dan menemukan solusi untuk hal tersebut. Untuk itu saya perlu menenangkan diri saya dan saya perlu meyakinkan bahwa saya pasti dapat menjadi wali kelas yang baik serta berusaha agar dapat lebih menguasai kondisi lingkungan kelas yang nantinya saya ampu.

Saya akan memberi masukan untuk membangun semangat mereka agar tau arah untuk berkembang untuk saat ini hingga setelah lulus SMA agar para siswa memiliki keinginan yang besar terhadap cita cita mereka. Tentunya karakter mereka akan berbeda beda tetapi sebagai guru baru saya harus menjadi guru yang disukai dalam cara mengajar maupun komunikasi sehingga mereka tidak merasa tertekan dan berani bertanya. Dengan melakukan komunikasi dengan baik pasti para guru senior akan memberi saya masukan mengenai karakter siswa dikelas yang berbeda beda. Saya akan selalu bertanya kepada guru senior apabila saya kebingungan menjadi wali kelas. Ketika pembelajaran berlangsung dengan kelas yang dikenal siswanya aktif maka saya akan menjadi guru yang nyaman diajak ngobrol, asik, seru, tau perkembangan apa didunia mereka, dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan mungkin akan ada waktu untuk berdiskusi berkelompok praktik dilapangan. Memberikan pembelajaran yang unik seperti ketika menjelaskan dengan gambar menuliskan materi yang pokok dengan rinci maka mereka akan lebih mudah belajar dan menjadi senang dengan materi yang saya ajarkan.