Mau Ekspor Lancar? Wajib Tahu Aturan Baru Pembiayaan Ekspor Ini

Menurutnya, Penghematan impor solar yang dinarasikan pemerintah lebih besar dibandingkan dengan hasil proyeksi perhitungan dilakukan LPEM FEB UI pada periode yang sama. Sementara itu, untuk produk turunannya mencapai US$6,2 miliar atau setara dengan Rp 88,3 triliun. Selain akan mengganggu kinerja ekspor CPO, dia mengatakan potensi kehilangan tersebut juga menjadi faktor yang harus diperhitungkan dalam melihat kembali jumlah penghematan bersih solar yang ditargetkan pemerintah. Mendag menyebut saat ini terdapat 16 ribu eksportir dan 85 persennya merupakan UMKM. Namun, nilai ekspornya hanya 5 persen, sehingga 95 persennya di dominasi oleh pengusaha-pengusaha besar. Neraca perdagangan periode Juni 2021 mencatatkan surplus sebesar USD 1,32 miliar.

Sepanjang tahun 2020 lalu, nilai ekspor mesin dan perlengkapan elektrik tercatat sebesar US$9,23 miliar. Total impor bahan baku/penolong dan barang modal pada Januari-Juni 2021 mencapai USD82,22 Miliar atau sekitar 62,2% dari baseline impor tahun 2019. Sementara goal program substitusi impor pada tahun ini mencapai 22 persen dari whole impor tahun 2019, yakni sebesar USD103,7 Miliar.

“Kami berkomitmen memperbaiki tata kelola arus barang yang masuk ke Indonesia agar kembali regular atau lebih baik dari tahun sebelumnya. Akan dipastikan 72,9 persen dari barang impor itu dapat melayani industri kita dengan baik. Jika industri siap, maka sisi konsumsi juga harus disiapkan dengan berbagai insentif, baik dalam bentuk finansial maupun kepercayaan terhadap pasar agar mau terus membeli,” jelas Mendag Lutfi. Menurut Mendag Lutfi, penurunan impor sekaligus juga mengindikasikan pelemahan sektor produksi barang yang dikonsumsi di dalam negeri, mengingat 72,9 persen impor Indonesia adalah bahan baku dan barang penolong.

Komoditas yang mengalami lonjakan harga adalah nikel, minyak sawit mentah, karet, tembaga, dan emas. “Saya mengharapkan, Indonesia dapat mengoptimalkan tingginya harga komoditas dengan hilirisasi sehingga dapat membantu pertumbuhan yang lebih berkelanjutan,” tambahnya. Banyak sekali ragam komoditas yang diekspor dari negara kita ke berbagai negara di dunia.

Poin utama yang harus dipenuhi oleh mereka adalah kualitas dan nilai keunggulan produk. Meskipun sertifikasi penting untuk menunjukkan kualitas, namun mereka juga terbuka untuk melihat kualitas melalui standar proses produksi yang dijalankan oleh kita, jika memang produk kita unggul dan unik. Oleh karena itu, komunikasi dan hubungan yang baik disini adalah kunci untuk mendapatkan kontrak penjualan dengannya.

Ekspor

Perusahaan ekspedisi yang umumnya terdiri dari EMKL dan EMKU , yaitu perusahaan yang memiliki izin legalitas dari pemerintah untuk melakukan layanan pengiriman barang besar dan berat menggunakan kapal. Ketika pelaku UKM sudah terdaftar dan memiliki perizinan untuk melakukan ekspor, maka sebaiknya mencoba untuk melakukan ekspor langsung. Manfaat dari ekspor langsung ini pastinya adalah kita lebih memiliki kontrol dalam ekspor. Margin pun juga akan lebih besar didapatkannya karena berkurangnya perantara. Akan tetapi, pelaku UKM harus mengurusi segala pemasaran/promosi, pengemasan, pengiriman, sampai urusan kepabeanan dalam ekspor.

Sejalan dengan peningkatan ekspor, sisi impor Indonesia pada Agustus 2021 mencapai 16,68 miliar Dolar AS, meningkat sebesar 10,35 persen atau 55,26 persen . Mobilitas masyarakat yang mulai meningkat seiring dengan pelonggaran pembatasan aktivitas masyarakat menjadi indikasi penyebab peningkatan. Kegiatan ekspor merupakan kegiatan perdagangan yang melibatkan pasar internasional. Dengan ramainya permintaan internasional terhadap produk lokal maka akan membuka peluang untuk industri di Indonesia. Membuka jasa pengiriman internasional juga bisa dijadikan peluang bisnis dengan memanfaatkan aktivitas ekspor.

Kenaikan harga komoditas di period commodity increase ini menjadi pendorong nilai ekspor komoditas sepanjang bulan lalu. Sementara itu, dalam kancah perdagangan internasional di kawasan ASEAN, pangsa pasar ekspor tertinggi hampir didominasi oleh Malaysia. Pangsa ekspor Thailand dan Malaysia relatif stabil di atas 1% dari nilai perdagangan impor di dunia. Pangsa ekspor Vietnam cenderung meningkat signifikan sedangkan Indonesia cenderung fluktuatif. Perbaikan struktur produksi dan konsumsi dalam negeri juga diharapkan mendukung kesuksesan pemulihan perdagangan dalam negeri pada 2021. Beberapa sasaran yang ingin dicapai beserta goal perdagangan dalam negeri yang ditetapkan untuk 2021 yaitu, pertama pengembangan sarana distribusi perdagangan dengan goal pembangunan/revitalisasi 119 unit pasar rakyat.

Merdeka.com – Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan tahun 2022 akan mendorong 1 juta UMKM untuk onboarding. Jika terhubung dengan platform digital maka akan memudahkan mereka untuk ekspor. Dengan implementasi program Pemulihan Ekonomi Nasional dan kebijakan yang mendukung kinerja ekspor, dunia usaha Indonesia diharapkan semakin mampu memanfaatkan potensi pemulihan ekonomi dunia dan ekspor ke depan,” lanjut Febrio. Untuk sukses dalam menjual barang luar negeri, ada pertimbangan lain yang harus diperhatikan selain memilih tiga pendekatan di atas. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat memilih untuk mengekspor ke pasar yang berdekatan, atau area perdagangan bebas secara langsung. Pasar asing menawarkan potensi permintaan yang sangat besar, dan pasar tersebut menjadi penting ketika pasar domestik matang.

Ekspor mampu menciptakan branding dan positioning suatu negara di benak bangsa-bangsa lain. Dia tak menampik kenyataan, nilai perdagangan luar negeri untuk komoditas nonmigas Jawa Tengah pada Januari 2021, yang terkoreksi 2,eighty four persen dibanding Desember 2020. Namun demikian, optimisme timbul seiring kebijakan pemerintah yang menerapkan vaksinasi Covid-19.