Panduan Kemendikbud Untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi Pada Anak

Selain menghindari terjadinya perpecahan, toleransi dalam Islam akan saling mempererat silaturahmi. Tidak dapat dipungkiri bahwa suatu perbedaan memang menjadi alasan sebuah pertentangan golongan satu dan golongan lainnya. Jika manusia tidak mengerti dan tidak paham akan arti sebuah toleransi, maka silaturahmi tidak akan pernah terjalin. Dari macam-macam interpersonal skill di atas, manakah skill yang masih ingin diasah dan ditingkatkan lagi, Sobat?

Melatih sikap toleran kita

Ciri-ciri lowongan kerja palsu, mencakup semua jurusan bisa masuk, menampilkan gaji yang menggiurkan, membayar travel dan akomodasi, serta menggunakan website atau e-mail gratisan. Selanjutnya, setelah memahami apa itu toleransi, perlu kiranya kita menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri. Sebagai bagian dari warga Negara Indonesia, baiknya kita tidak hanya sekadar tahu dan hapal isi pancasila, namun juga paham makna dari setiap silanya. Seperti dalam sila pertama Pancasila, aspek agama disebut pertama kali.

Baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bahkan dalam berbangsa dan bernegara. Pun demikian dengan anak-anak kita, mereka ingin hidup dengan penuh damai, suka cita, dan menikmati masa anak-anak yang penuh keceriaan dan pendidikan. Tumbuh di tengah perbedaan membiasakan diri kita untuk saling toleransi. Ada information menarik nih dari IDN Research Institute mengenai perilaku toleransi di kalangan milenial Indonesia. Anak muda Indonesia lebih optimis dalam memelihara toleransi terhadap sesama, dan cenderung punya satu visi dan misi yang sama untuk kejar mimpi membangun persatuan Indonesia. Mereka dapat mendengarkan dan menerima perbedaan pendapat atau ide teman walaupun beberapa ada yang tidak setuju.

Anda bisa mempelajari perbedaan dari apapun, tidak perlu dari hal yang sensitif namun hal kecil seperti anda lebih suka makanan asin dan anak anda suka makanan manis. “Melalui sikap ini perbedaan keagamaan menjadi indah. Perbedaaan tidak boleh menjadi penghalang kita untuk hidup bersama. Semoga upaya ini menjadi efektif menciptakan perdamaain di masyarakat,” ungkap dia. “Kami berusaha memberikan pemahaman dan mencontohkan sikap toleransi dan tenggang rasa. Bagi kami ini merupakan suatu hal yang perlu ditanamkan sejak dini,” kata Krispina, baru-baru ini.

Kurangnya disiplin dan seringnya menunda-nunda pekerjaan membuatnya kurang bisa menghargai waktu. Budaya memang tidak mudah untuk di rubah apalagi dalam waktu singkat. Renald Khasali dalam bukunya Myelin mengungkapkan berdasarkan pengalaman bersama tim yang dipimpinnya, setidaknya ada 5 langkah yang harus dilakukan untuk merubah budaya, yaitu dipaksa, terpaksa, bisa, biasa, dan akhirnya menjadi budaya. Sekilas hal tersebut terdengar sepele, namun tahukah kalian bahwa hal itu sangat sulit untuk dilakukan. Jika tidak dibiasakan maka mustahil untuk membudayakan toleransi kecil semacam itu. Kita tahu bahwa pengendara di Indonesia bisa tertib dikarenakan adanya aturan lalu lintas.

Jenis komunikasi yang paling lazim digunakan dalam pelayanan keperawatan di rumah sakit adalah pertukaran informasi secara verbal terutama pembicaraan dengan tatap muka. Kata-kata adalah alat atau simbol yang dipakai untuk mengekspresikan ide atau perasaan, membangkitkan respon emosional, atau menguraikan obyek, observasi dan ingatan. Sering juga untuk menyampaikan arti yang tersembunyi, dan menguji minat seseorang. Keuntungan komunikasi verbal dalam tatap muka yaitu memungkinkan tiap individu untuk berespon secara langsung.

Seorang guru harus mampu mencari dan mendayagunakan berbagai metode agar yang akan menciptakan cara-cara mendidik yang efektif, menyenangkan dan manusiawi. Jika dengan berbagai cara tidak berhasil, penjatuhan hukumanpun harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Proses pembelajaran merupakan interaksi antara guru dengan anak didiknya yang berlangsung secara berkelanjutan. Proses interaksi itu dilakukan dengan penuh kehangatan dan kasih sayang. Dalam hal toleransi, tentu saja guru harus bersikap adil kepada seluruh siswanya. Sikap toleran terhadap siswa merupakan manifestasi dari guru yang adil dan bijaksana.

Pendidikan akan meningkatkan kemampuan penduduk untuk mengolah sumber daya alam yang dimiliki sehingga akan meningkatkan kesejahtraan penduduk. Di negara ASEAN kualitas SDM dan ketenagakerjaan Indonesia masih berada diperingkat bawah, terbukti bahwa indeks pendidikan Indonesia kalah dari negara ASEAN lain hanya unggul dari Kamboja, Laos, dan Myammar. Angkatan kerja Indonesia masih didominasi tingkat pendidikan SMP kebawah. [newline]Dimana angkatan kerja dengan lulusan perguruan tinggi hanya sebanyak 10 %,kemudian tingkat luluisan SMA sebanyak 25 % sisanya sebanyak 65 % lulusan SMP kebawah. Tugas guru di sekolah selain mengajar adalah membentuk pribadi yang unggul, berkarakter, berwawasan luas, dan bertanggung jawab.