Ramadan Harus Dimaknai Sebagai Bulan Toleransi Keimanan

Suka mengambil jalan pintas, tidak mau mengikuti proses, dan berprinsip yang penting saya mendapatkan. Seorang guru di Australia pernah berkata, “Kami tidak terlalu khawatir jika anak-anak sekolah dasar kami tidak pandai matematika, kami jauh lebih khawatir jika mereka tidak pandai mengantri”. Ini adalah ungkapan yang mengagumkan dan sekalogus menyentak hati dan pikiran kita ketika berbicara soal pendidikan.

Melatih sikap toleran kita

Selama proses mendapatkan tujuan itu, ia juga harus mengikuti semua ketentuan dan peraturan yang berlaku. Semua proses itu mengajarkan sikap disiplin untuk mampu mengatur waktu dengan sebaik-baiknya. Mengantri sendiri penting dan perlu dilakukan supaya tertib dan teratur. Budaya antri dalam Islam merupakan bagian dari akhlakul karimah, karena dengan ketertiban ketika mengantri maka terciptalah sikap tenggang rasa dan saling menghargai hak orang lain. Penghargaan kepada orang lain adalah norma dasar dalam hablun minannas .

Dalam demokrasi media termasuk pilar keempat, karena dianggap lebih netral dan bebas dari unsur kekuasaan Negara. Dengan berlangganan newsletter kami, Anda telah bergabung dengan komunitas yang memiliki semangat besar untuk membantu orang lain memiliki kualitas hidup yang lebih layak. Menjadi pendengar yang baik akan melatih kamu untuk memahami perasaan lawan bicara. Kamu bisa mulai dengan tidak memotong pembicaraan orang lain atau mematahkan pendapat sang lawan bicara saat itu juga. Selain itu, dengan menjadi pendengar yang baik, kamu akan memberikan energi positif yang merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap sesama. Toleransi merupakan hal yang sering digaungkan dan diimpikan oleh banyak orang dari berbagai pihak, baik pemerintah, tokoh agama, aparat keamanan, bahkan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya diri kita sendiri.

Namun, toleransi akan menjadi mimpi belaka jika kita tak mau berusaha untuk mewujudkannya. Pendidikan hukum tidak terbatas hanya pendidikan formal di bangku sekolah saja. Pembelajaran mengenai hukum sejak dini harus diajarkan kepada anak-anak. Agar nantinya tertanam dalam diri mereka rasa kebutuhan akan peraturan hukum. Tingginya kesadaran hukum di suatu wilayah akan memunculkan masyarakat yang beradab. Membangun kesadaran hukum sejak dini, tidak harus menunggu setelah terjadi pelanggaran dan penindakan oleh penegak hukum.

Hal tersebut karena bisa jadi karena kurangnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang kesadaran hukum dan peraturan yang berlaku dalam hukum itu sendiri. Sejak 6 Mei lalu, ketika foto ini dibuat di rumah sakit pemerintah di Sanaa, angka korban Kolera melonjak drastis. Direktur Komite Palang Merah Internasional, Dominik Stillhart, mewanti-wanti terhadap “bencana kemanusiaan” di ibukota. Saat ini sekitar 115 pasien meninggal dunia dalam dua pekan akibat penyakit mematikan tersebut. Seperti laiknya negara-negara lain di dunia ini, Yaman juga negara majemuk dengan berbagai ragam kelompok etnis, agama, suku, dan faksi politik dan idelogi.

Penanaman rasa tanggung jawab pada anak didik hendaknya dimulai dari gurunya itu sendiri. Memang dalam mendidik, seorang guru harus mempunyai rasa tanggung jawab yang dalam. Bila seorang guru tidak mempunyai rasa tanggung jawab maka banyak pengaruhnya pada anak didik itu.

Saluran berekspresi di dunia digital melalui sejumlah sarana meliputi, media sosial, televisi, radio, dan surat elektronik atau e mail. Kebebasan berekspesi sebagai salah satu hak asasi manusia , dimuat dalam konvensi hukum global yaitu Deklarasi Universal HAM oleh Perserikat Bangsa-Bangsa. Usia prasekolah merupakan waktu yang tepat bagi orangtua untuk mengajarkan toleransi pada anak.

Kamu dapat membaca suatu berita, menuntaskan sebuah tugas walaupun waktu deadline masih lebih lama ataupun berolahraga. Waktu senggang tersebut juga dapat kamu pakai untuk merapikan sebuah kamar kamu yang berantakan, agar kamu dapat mempunyai suasana baru yang tentunya dapat menjernihkan atau menenangkan pikiran. Dengan terdapatnya pikiran yang negatif, maka kamu akan melihat segala sesuatunya lewat sudut pandang yang negatif. Karena itulah pentingnya kamu untuk biasa mengeluh serta mengkomplain dari saat ini. Apabila kamu menjalankan suatu hal dengan cara salah, maka kamu tak hanya mengkomplain saja, akan tetapi juga memperlihatkan sebaiknya yang benar untuk dilakukannya seperti apa.

Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan juga memiliki kelebihan masing-masing. Berbedanya suatu anak dengan yang lain menunjukkan bahwa setiap anak adalah unik. Sebagai guru dan orang tua sebaiknya kita jangan membandingkan anak satu dengan lainnya. Jika ingin memotivasi anak bandingkan anak dengan prestasi atau diri anak itu sendiri. Misalnya tunjukkan peningkatan yang telah dicapai meskipun proses peningkatan yang telah diupayakan sedikit atau lambat.