Rekrutmen Karyawan

Manajemen harus memastikan gaji, bonus, serta tunjangan lainnya dibayarkan sesuai dengan kinerja sumber daya manusia serta tidak menyalahi hukum peraturan standar seperti sesuai upah UMR. Manajemen SDM berfungsi untuk membentuk perencanaan terkait seleksi tenaga kerja sesuai kebutuhan perusahaan. Selain itu, lakukan juga pengawasan pada kinerja pegawai agar kualtias kerjanya bisa dimonitor.

Pegawai dalam sebuah usaha

Kelemahan dari system penilaian seperti diatas adalah banyak sekali, terlalu banyak untuk diuraikan disini. Organisasi matrik digunakan berdasarkan struktur organisasi staf dan lini khususnya di bidang penelitian dan pengembangan. Sebenernya, proses rekrutmen yang terlalu kompleks merupakan suatu proses yang sah-sah saja untuk dilakukan. Untuk mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kualifikasi dan standarisasi perusahaan, tentunya dibutuhkan suatu prosedur rekrutmen yang cukup ketat. Akan tetapi, bagaimana dengan manajemen kerja dari proses rekrutmen yang terlalu kompleks tersebut? Dapat dipastikan, dibutuhkan waktu serta tenaga ekstra yang dikerahkan untuk melakukan hal ini.

Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi itu. Calon tenaga kerja yang akan direkrut dapat diambil dari inner organisasi maupun eksternal organisasi. Perekrutan tenaga kerja dari dalam biasanya dilakukan oleh organisasi/perusahaan yang telah lama berjalan dan memiliki sistem karier yang baik. Namun demikian perekrutan dari dalam juga berarti terjadinya pembatasan terhadap bakat yang sebenarnya tersedia bagi organisasi dan mengurangi peluang masuknya pemikiran baru. Rekrutmen didefinisikan sebagai “pelaksanaan atau aktifitas organisasi awal dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan mencari tenaga kerja yang potensial.

Dimana Anda akan terbantu dalam membereskan pembukuan dengan teknologi canggih. Untuk menggunakannya, Anda dapat mendaftar dan mendapatkan software Harmony 30 Hari Gratis dengan mendaftar disini. Anda juga bisa mengikuti update informasi dari Harmony dengan melihat media sosialnya melalui Facebook, Instagram dan LinkedIn. Meskipun itu tidak sepenuhnya benar, karena para pengusaha pemula pasti memerlukan banyak bantuan dari orang-orang di sekitarnya.

Namun, kalau Anda sudah menyadari risikonya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Karena itu, sambil menjaga kelangsungan bisnis, Anda juga harus terus menjaga reputasi. Perubahan pada kondisi ini dilakukan karena melihat dinamika organisasi dihadapkan dengan tantangan tugas yang semakin komplek. Untuk itu perlu dilakukan perubahan organisasi untuk mengakomodasi hal tersebut . Penggantian tenaga dimana tenaga yang dianggap tidak bekerja sebagaimana diharapkan, dapat diganti oleh tenaga lain dan organisasi dapat mengkombinasikan anggotanya melalui proses pengalihan maupun promosi . HR dapat membuat laporan hasil interview dengan kandidat untuk kemudian diproses pada tahap selanjutnya.

Untuk Anda yang membutuhkan karyawan dengan posisi yang cukup penting dan berpengaruh untuk perusahaan, disarankan untuk menyeleksidengan melihat pendidikan yang mereka tempuh, dan juga pengalaman kerja yang telah mereka lalui. Dalam menentukan gaji, setiap perusahaan tidak bisa dilepaskan dari berbagai aturan dalam undang-undang. Undang-undang yang sudah ada mengatur komponen gaji yang harus dibayarkan kepada karyawan agar terjadi keseimbangan bagi masing-masing pihak. Sementara untuk besaran nilai gaji diserahkan kembali kepada perusahaan dengan tetap mengacu pada undang-undang yang mengatur. Tanpa adanya karyawan atau pegawai, sebuah perusahaan tentu tidak berjalan dengan baik. Sebagai timbal balik atas tenaga karyawan, sebuah perusahaan kemudian mengeluarkan apa yang disebut dengan gaji.

Manajemen SDM bertanggung jawab atas kesehatan dan keamanan tenaga kerja selama bekerja di suatu perusahaan. Manajemen SDM dan tenaga kerja sebagai individu harus membangun relasi yang baik agar tidak menimbulkan masalah yang berkaitan dengan serikat pekerja. Seorang pengusaha harus memiliki kemampuan dalam mengenali produk, menentukan cara produksi, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Selain itu, keberadaaan dari SDM ini juga merupakan faktor kunci dalam menentukan keberhasilan dan kesuksesan pada sebuah perusahaan atau organisasi.