Sejarah Dan Perkembangan Konstitusi Di Indonesia

Tentu saja tidak mudah mendapatkan pemimpin-pemimpin publik yang perfect sesuai dengan kerangka yang dibahas dalam tulisan ini. Namun demikian, kita berharap bahwa semua pemimpin publik akan cepat belajar dalam menghadapi kompleksitas sistem yang dihadapi, termasuk dalam menangani COVID-19. Kemampuan komunikasi menjadi salah satu cara untuk memastikan kebijakan publik mendapat legitimasi yang bagus di masyarakat.

Hal ini merupakan pandangan bagi pemimpin untuk menempatkan permasalah sesuai dengan konterksnya, yang artinya pemimpin harus berpikir secara adil. Dalam Kesempurnaan terkandung makna bahwa Pimpinan dan seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan senantiasa melakukan upaya perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik. Dalam ProfesionaIisme terkandung makna bahwa dalam bekerja, Pimpinan dan seluruh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan melakukannya dengan tuntas dan akurat berdasarkan kompetensi terbaik dan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi. Berani mengemban tanggung jawab, dapat dipercaya, mampu memahami dan menginterpretasikan keinginan atasan, tidak sekadar meniru atasan, tetapi memiliki pemikiran kreatif, berpandangan kedepan, memiliki ambisi serta tanggap terhadap berbagai situasi. Pembelajaran berkesinambungan yakni belajar memperluas pengetahuan dan ketrampilan baik melalui proses pembelajaran formal maupun casual. Mampu menciptakan lingkungan yang terus menerus melakukan perbaikan proses kerja.

memiliki sebuah sikap kepemimpinan

Diantara sekian banyak tugas pemimpin dalam menjalankan fungsinya, yang terpenting dalam manajemen adalah kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakkan seluruh komponen organisasi dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. Kemampuan ini harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang mampu menggerakkan orang-orang yang dipimpin untuk mencapai tujuan organisasi. Dapat terlaksana atau tidaknya penggerakan ini sangat dipengaruhi oleh pengelolaan kecerdasan emosi,kewibawaan,penciptaan motivasi dalam diri karyawan,kolega,maupun atasan pimpinan itu sendiri serta efektifitas dalam menjalankan fungsi kepemimpinannya.

Perilaku kreatif dianggap penting karena dapat dikonseptualisasikan seperlunya untuk hasil kreatif. Kreativitas dapat dipelajari di tingkat individu, serta di tingkat tim atau organisasi. Menurut Woodman et al., , kreativitas tingkat organisasi diartikan sebagai penciptaan produk, layanan, ide, prosedur, atau proses baru yang berharga dan bermanfaat bagi individu yang bekerja sama. Dengan demikian, tingkat kreativitas organisasi dihasilkan dari perilaku anggota individu dan interaksi sosial antar anggota kelompok yang dapat menghambat atau meningkatkan hasil kreatif.

Implementasi dari sifat tersebut adalah keseimbangan, keselarasan, harmonis. Hukum negara merupakan nilai kemanusiaan agar harkat dan martabatnya terjaga dan hukum negara harus disesuaikan apabila mengganggu keselarasan kehidupan bersama. Nilai-nilai dasar yang terkandung dalam Pancasila ditransformasikan dalam cita hukum serta asas-asas hukum, yang selanjutnya dirumuskan dalam konsep hukum nasional Indonesia dalam rangka mewujudkan nilai keadilan, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.