Umkm Asal Subang Ekspor 40 Ton Arang Ke Arab Saudi

Sebelum pandemi melanda, PPI juga mengekspor 600 ton arang batok ke Sri Lanka dengan spesifikasi khusus. Sementara Kassim Alkanatara sebagai pemilik perusahaan importir menjelaskan jenis arang kayu yang berkualitas baik adalah yang tidak memercikan api. Selain itu, ia juga menerima batok kelapa dari masyarakat baik dalam jumlah banyak atau hanya dalam hitungan kilogram saja, harga batok kelapa tergantung kualitasnya mulai dari Rp800 hingga Rp1.000 per kilogram.

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR RI M Husein Fadlullah mengatakan, usaha kecil seperti ini sangat layak untuk dibesarkan. “Karena memiliki multiflier effect yang sangat banyak,” kata Husein. Kriteria kegiatan yang merupakan ekspor jasa kena pajak adalah penyerahan jasa kena pajak yang dihasilkan di dalam wilayah Indonesia oleh Pengusaha Kena Pajak untuk dimanfaatkan di luar wilayah Indonesia oleh penerima ekspor jasa kena pajak.

Business matching tidak harus bertatap muka secara langsung, tapi dilakukan secara daring. Hal ini adalah terobosan yang kreatif dan efisien, karena memanfaatkan teknologi digital dan yang terpenting bermanfaat bagi usaha kecil dan menengah dan masyarakat. Sejalan dengan kebijakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, kata Agus, untuk melipatgandakan nilai ekspor tiga kali lipat hingga tahun 2024, Karantina Pertanian Bangkalan terus lakukan sinergisitas dengan para pihak di wilayah kerjanya.

Ekspor arang

Dukungan pengelolaan bisnis dari LPEI juga terbukti bermanfaat, sehingga perusahaan yang ia kelola bisa memiliki relasi lebih luas. Saya produksi arang kayu keras, laban medang, menteru, dll kami produksi lebih dari 50 ton per bulan,. Untuk harga murah bisa di negosiasikan, lokasi palembang batu raja. Pasca business assembly itu importir Arab Saudi mengadakan survei dan kunjungan lapangan untuk melihat fasilitas pabrik pengolahan arang kayu, tempat peyimpanan, dan pengepakan. Melihat proses produksi yang dikerjakan mengikuti standar internasional, pengusaha Arab Saudi tersebut langsung tertarik untuk mengimpor arang kayu CV.

Mengenai pemasaran, pihaknya mengakui tidak terlalu mengalami kesulitan karena kualitas briket arang kelapa Indonesia masih yang terbaik. Tetapi jika kondisi tersebut di atas terus berlanjut, tidak menutup kemungkinan pembeli akan mengalihkan permintaan ke negara produsen lain. Dari whole nilai ekspor kelapa dunia pada 2019 yang US$ eleven,6 miliar, Indonesia menguasai US$ 2,17 miliar. Menurut dia, perlu juga perluasan akses pasar untuk ekspor arang kelapa dan produk turunan kelapa lain dengan nilai tambah yang tinggi, tetapi belum banyak dikembangkan di Indonesia. Selain itu, pasokan arang kelapa dapat diserap secara maksimal di dalam negeri.